SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://4.bp.blogspot.com/-H74mDzrZXcE/Wb_aF2YvGwI/AAAAAAAACjc/2Nyh26ILtd0QAFGHXfVYTqAzrQR9ta_IwCK4BGAYYCw/s1600/ppdb%2B2018.jpg

Minggu, 04 Januari 2015

SEMANGAT BARU DI SEMESTER BARU


Semester ini selain semester baru juga merupakan tahun baru 2015 kita menempuh pelajaran di sekolah. Oleh karenanya sebelum kita mulai hari pertama kita sekolah di tahun baru ini, kita harus mempersiapkan diri agar lebih bersemangat belajar di sekolah.

Baju baru atau perlengkapan sekolah baru !
Bolehlah,…
tapi tidak harus baru untuk mengisi kegiatan belajar di tahun baru.
Persiapan yang lebih penting adalah semangat.

Awal sekolah haruslah diisi dengan semangat. Penentuan semangat ini adalah di awal. Jika dari awal memulai belajar di sekolah dengan semangat, tentunya hari-hari kita di sekolah pun akan bersemangat dan lebih bersemangat untuk belajar.

Persiapan mental juga dibutuhkan oleh kalian dalam menghadapi semester baru. 
Jangan sampai menghadapi semester baru mentalnya juga drop.
Harus siap menghadapi sekolah gimana pun caranya.
Jadikan sekolah motivasi untuk lebih maju.!! OK!!

Oleh karenanya kita harus memiliki motivasi belajar untuk memulai sekolah di semester baru dan tahun yang baru pula. Yang paling terpenting adalah meotivasi diri agar lebih sukses di semester ini, baik dalam prestasi akademik maupun nonakademik. Hafalan Al-Qur’an mu di semester ini harus lebih baik dari semester yang lalu. Tadarusnya juga harus meningkat lebih baik. 

Berikut ada  beberapa tips untuk membangun motivasi belajar kita di semester baru :

1.  Menetapkan Target
Buatlah target belajar yang realistis dan optimis. Target kita tidak usah muluk-muluk, yang terpenting sesuai dengan kemampuan kita dan kita senang untuk mengejar target tersebut.
Contoh :
- di pelajaran matematika aku targetkan perkalian dan pembagian bisa aku kuasai semuanya,
- Semester ini aku targetkan hafalanku tambah 5 surat,
- Semester ini aku targetkan tadarusku khatam 2 kali, dll

2. Selalu mengingat target yang ingin kita capai

Biasanya kita lupa akan target yang kita buat. Oleh karenanya pengulangan ingatan kita akan target yang ingin kita capai dalam belajar sangatlah penting. Disamping sebagai pengingatan juga akan menambah motivasi kita untuk mencapai target tersebut. Kegiatan mengingat ini banyak caranya, misal kita tulis target yang ingin kita capai dan menempelkannya di cermin, jadi setiap kita bercermin kita akan selalu mengingat target yang ingin kita capai selama belajar di semester ini.

3.  Bertemanlah dengan teman yang selalu memotivasi kita untuk belajar

Disini bukan berarti kita memilah-milah teman kita sehingga kita hanya bergaul dengan yang pintar saja. Maksud di sini adalah intensitas kita dalam berteman kita arahkan lebih condong pada teman kita yang dapat memacu kita untuk semangat belajar.

4.  Sediakan waktu untuk mengulang pelajaran sekolah di rumah

Nampaknya hal ini harus dibiasakan, bila perlu dipaksakan. Jika kita sibuk apakah dengan kegiatan kita, rutinitas, bermain, atau bahkan kegiatan bermain kita, setidaknya kita sisihkan satu jam khusus untuk belajar mengenai pelajaran sekolah. Dengan demikina kita akan terbiasa untuk belajar bagaimanapun situasinya.

6.  Buatlah catatan berupa mad mapping (peta pikiran)
Mad mapping atau peta pikiran merupakan cara yang efektif tan menyenangkan untuk belajar. Bentuknya boleh tulisan, atau gambar. Di depan nanti akan saya jelaskan cara-cara untuk membuat mad mapping/ peta pikiran.

7. Carilah motivator
Motivator adalah orang yang selalu memotivasi kita. Disini kalian boleh menjadikan siapa saja untuk jadi motivator kalian, bisa orang tua, sahabat, dan guru.


Adbox