SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://3.bp.blogspot.com/-z5c_LmEQir0/WeqW2TpB6WI/AAAAAAAACl4/KdIjQgpv2fQ2Fjal-78dfdT4SgdFFVD7QCK4BGAYYCw/s1600/banner.jpg

Kamis, 10 Juli 2014

MELATIH BUAH HATI BERPUASA DI BULAN RAMADHAN

Para pendahulu kita yaitu generasi salafush shalih adalah generasi yang memberikan teladan. Mereka adalah generasi teladan yang harus kita teladani dalam perkara ibadah dalam perkara ibadah maupun muamalah.
Di antara bentuk keteladanan yang mereka contohkan adalah melatih anak kecil untuk turut nenjalankan ibadah salah satunya adalah ibadah mulia, kewajiban kaum muslimin dibulan yang penuh berkah yaitu Puasa.
Melatih berpuasa, sebagai penanaman kedisiplinan dan nilai-nilai diniyyah di dalam lingkup keluarga. Keluarga merupkan landasan dasar tempat anak belajar . Anak merupkan generasi penerus yang akan menggantikan kita. Pendidikan akhlaq dan karakter anak harus dimulai sejak dini oleh setiap orang tua. Sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang shalih.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan penuh keutamaan didalamnya. Bulan ramadhan merupaka moment yang sangat tepat untuk menanamkan pendidikan diniyyah  bagi anak-anak. Menanamkan kesadaran anak untuk menjalakan ibadah puasa ramadhan. Di dalam melatih anak untuk menjalakan puasa dibutuhkan tahapan-tahapan karena berpuasa memerlukan kesiapan fisik dan mental. Ketika kita ingin melatih anak-anak berpuasa, maka lakukanlah secara bertahap. Yang terbaik dan yang terpenting adalah memberi contoh yang baik dengan berpuasa dengan benar dan berperilaku sesuai dengan ajaran Al Qur’an dan Sunah Nabi.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk melatih anak-anak berpuasa :
  • Doronglah mereka untuk berpuasa dalam beberapa hari bahkan hingga setiap hari, tergantung pada usia dan kemampuan mereka.
  • Lebih kerap memberi kalimat motivasi, ”Enak ya puasa.” ”Allah sayang orang Islam yang rajin puasa.” ”Kita puasa supaya dapat banyak pahala. Kalau pahala tambah banyak, insyaAllah kita bisa masuk surga. Di surga itu enak, banyak teman yang baik-baik.
  • Sajikan hidangan kegemaran anak sebagai menu berbuka untuknya. Ketika menyiapkan hidangan tersebut, sampaikan kepadanya, ”Insyaallah kita makan ini kalau berbuka puasa nanti.
  • Ketika berbuka, motivasi anak dengan nikmatnya berbuka setelah berjuang berpuasa sehari penuh, ”Alhamdulillah, enak ya kita bisa buka puasa. Masyaallah, anak Ummi hebat! Kapan-kapan insyaallah kita puasa lagi ya.”
  • Biarkan anak-anak Anda pergi dengan ayahnya ke Masjid, untuk berbuka puasa bersama untuk membuat mereka merasakan kebesaran puasa Ramadhan dan kesatuan umat Islam dalam menyembah Allah.

  • Jika anak Anda belum mampu berpuasa sehari penuh, libatkan mereka berbuka bersama keluarga untuk mengajarkan mereka bahwa Anda sedang berbuka puasa, walaupun boleh jadi mereka baru saja makan sebelumnya.
  • Ajarkan anak-anak Anda berdo’a ketika sahur maupun berbuka puasa
  • Ajaklah anak Anda untuk sholat Tarawih sehingga mereka terbiasa dan tahu tentang hal itu sejak usia dini. Mereka bisa dibiarkan saja duduk atau berbaring ketika mereka merasa lelah.
  • Ajarkan mereka untuk shodaqoh. Melakukannya di depan mereka dan memberitahu mereka bahwa Anda melakukannya karena shodaqoh dan amal lainnya di bulan Ramadhan lebih besar pahalanya dari hari-hari biasa.
  • Ajarkan mereka untuk bertadarus membaca Al Quran dan memberitahu mereka bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam selalu melakukan itu di setiap bulan Ramadhan.
  • Luruskan mereka jika mereka berperilaku salah atau mengucapkan kata-kata kurang baik dan mengingatkan mereka bahwa mereka sedang berpuasa, beritahukan mereka bahwa hal itu bisa mengurangi pahala puasa Ramadhan mereka.
  • Bangunkan mereka untuk makan sahur (walaupun jika mereka tidak berpuasa) dan shalat Subuh.
  • Ajarkan mereka memberi makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa, dan memberitahu mereka pahala melakukan hal itu.
  • Saat tiba Idul Fitri, bantu mereka mandi, berilah mereka pakaian terbaik, dan ajaklah mereka untuk sholat Idul Fitri. Ajarkan kepada mereka bahwa inilah perayaan pesta kita, umat Islam, yang berbeda dengan perayaan-perayaan lainnya.


Dari berbagai sumber