SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://3.bp.blogspot.com/-z5c_LmEQir0/WeqW2TpB6WI/AAAAAAAACl4/KdIjQgpv2fQ2Fjal-78dfdT4SgdFFVD7QCK4BGAYYCw/s1600/banner.jpg

Jumat, 11 Juli 2014

KURIKULUM 2013


Kurikulum 2013 merupakan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikanKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu. Dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan.


Latar belakang diterapkannya Kurikulum 2013, diantaranya:
  • untuk menjawab tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan,
  • tantangan internal terkait dengan faktor perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif,
  • tantangan eksternal (kompetensi masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan fenomena negatif yang mengemuka). 
Kurikulum 2013 yang diterapkan di tingkat Sekolah Dasar (SD) banyak mengubah metode pembelajaran. Materi tidak lagi disampaikan per mata pelajaran melainkan per tema. Model pembelajaran tematik integratif menjadikan tema sebagai pengikat berbagai materi mata pelajaran. Setiap satu semester kurang lebih terdapat delapan tema yang harus diselesaikan.

Semoga pendidikan di negara tercinta kita ini semakin maju dan lebih baik.