SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://3.bp.blogspot.com/-z5c_LmEQir0/WeqW2TpB6WI/AAAAAAAACl4/KdIjQgpv2fQ2Fjal-78dfdT4SgdFFVD7QCK4BGAYYCw/s1600/banner.jpg

Senin, 05 Mei 2014

PENTINGNYA MOTIVASI GURU UNTUK SISWA

Siapa yang tidak mengenal Imam Bukhari, penulis kitab shahih bukhari yang berisi ribuan hadits? Atau Imam muslim dengan kitab haditsnya, atau imam Syafi’i hafal Al-Quran sebelum usia baligh?
Mengapa mereka bisa menjadi sehebat itu.?
 Jawabannya adalah mereka selalu belajar, belajar dan belajar. Mereka selalu menuntut ilmu kemudian mereka mengamalkan ilmu yang mereka dapat yang manfaatnya terasa bagi orang banyak. Rahmatun lil alamin. Memberi manfaat untuk semua.
Semua orang berhak untuk mencari ilmu, tidak ada batasan usia dan umur dalam menuntut ilmu. Tua, muda, atau anak kecil baik laki-laki maupun perempuan wajib untuk selalu menuntut ilmu.  Semuanya harus belajar dan terus belajar.

Rasululloh bersabda:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim ”.

Belajar harus dilakukan secara terus menerus, tanpa henti, karena ilmu itu luas, dan tidak akan pernah habis.
Dalam proses kegiatan belajar mengajar, seorang guru harus bisa memahami bahwa seorang siswa membutuhkan motivasi juga minat agar para siswa bisa semakin tekun dan tidak berhenti dalam mencerna setiap ilmu yang mereka dapat.

Apa itu motivasi dan minat?
Bagaimana pengaruhnya terhadap proses belajar?

Motivasi, kata yang tidak asing lagi bagi kita semua.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI. 2001:756), motivasi secara psikologi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya, atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.


Kita bisa membayangkan, ketika seseorang mempunyai keinginan namun tak ada motivasi untuk mencapai keinginan tersebut. Maka keinginan hanya tinggal keinginan bahkan hanya akan menjadi angan-angan yang terlupakan.
Motivasi sangat penting untuk dimiliki oleh seiap siswa. Motivasi akan membawa pada tujuan belajar yang jelas dan mengantarkan pada keberhasilan.  Belajar tanpa motivasi bagai berjalan tanpa tujuan. Berjalan tanpa tujuan akan membuat diri menjadi malas. Keberhasilan tidak akan menghampiri si pemalas.


Motivasi mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran, antara lain:
  •        Menjadi  penguatan dalam belajar,
  •        Memperjelas tujuan belajar ,
  •        Menentukan ketekunan siswa.






Untuk mencapai peranan tersebut, tentu dibutuhkan teknik dalam menerapkan motivasi itu sendiri dalam pengajaran yang dilakukan oleh para guru.
Misalnya :
  •    Memberi penghargaan secara verbal, bila seseorang murid melakukan sesuatu terpuji, guru akan memberikan pujian dengan maksud agar sang anak menjadikan pujian tersebut sebagai motivasi untuk terus melakukan hal baik.
  •        Kegiatan belajar yang biasanya dilakukan di kelas, oleh guru dialihkan ke luar kelas seperti ke taman, atau museum, tentulah membuat siapapun senang dan bangkit semangat belajarnya.




Bangkitkanlah semangat belajar generasi penerus kita, berikan mereka motivasi!
Karena merekalah yang akan melanjutkan perjuanganmu.