SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://3.bp.blogspot.com/-z5c_LmEQir0/WeqW2TpB6WI/AAAAAAAACl4/KdIjQgpv2fQ2Fjal-78dfdT4SgdFFVD7QCK4BGAYYCw/s1600/banner.jpg

Jumat, 10 Januari 2014

MARKET DAY 5 SDU DAAR EL DZIKIR “ Ajang pembentukan sikap kemandirian siswa SDU Daar El Dzikir.”

Segala puji hanya milik Alloh Subhanahu Wata’ala, penguasa langit dan bumi dan segala isi-Nya yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Sholawat dan salam semoga tetap dan selalu tercurah kepada junjungan yang mulia Nabi Muhammad Sallallohu Alaihi Wasallam, keluarga, Sahabat dan semua pengikut-Nya yang selalu berpegang teguh kepada Sunnah-sunnah Beliau.
Sesuai dengan agenda SD Unggulan Daar El Dzikir, program dari Wakil kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, bahwa setiap selesai  pelaksanaan kegiatan Ujian Akhir  Semester I (satu) diadakan kegiatan Market Day yang tujuannya adalah sebagai ajang pembentukan sikap kemandirian siswa serta melatih anak didik dalam berwirausaha.
Kegiatan ini juga memberikan kesempatan siswa dalam berwirausaha dan bersosialisasi dalam masyarakat. Market Day ini juga merupakan kegiatan yang melatih sikap jujur dan dapat di percaya dalam diri siswa.

Market Day yang dilaksanakan  pada tahun ini adalah Market Day yang ke-5 yang diadakan oleh SD Unggulan Daar El Dzikir. Kegiatan Market Days tahun ini dilaksanakan selama 1 hari yaitu tanggal 21 Desember 2013

Tujuan dari kegiatan Market Day tahun 2013 yang diselenggarakan oleh SDU Daar El Dzikir adalah sebagai berikut :
1.      Sebagai ajang pembentukan sikap kemandirian siswa serta melatih kejujuran yang ada pada diri mereka.
2.      Mengekspresikan bakat  siswa dalam kewirausahaan.

3.      Melatih mental siswa dalam berdagang, keberanian dan kreatifitas lainnya.


Adapun tema yang kita anagkat dalam kegiatan Market Day tahun ini adalah “ Ajang pembentukan sikap kemandirian siswa SDU Daar El Dzikir.”

A.    Pelaksanaan Kegiatan (Hari -H)
(Pukul 07.00-08.00wib) Seluruh peserta Market Days 5 datang ke lokasi yang telah disediakan oleh panitia, yaitu yang tepatnya berada di halaman Sekolah Dasar Unggulan Daar el Dzikir Bulu Sukoharjo. Seluruh pedagang yang sudah mendaftar untuk menempati lapak/stand yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana untuk menata barang dagangannya.


Pada pukul 08.00-08.30WIB seluruh siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 mengambil kupon kepada panitia Market Days di depan sekretariat. Sedangkan para pedagang baik siswa, orang tua maupun pedagang undangan langsung menempatkan dagangannya masing-masing dan mulai berjualan  serta memperhatikan tata tertib yang harus dilaksanakan oleh para pedagang dari moderator. Pukul 08.30WIB market day secara resmi sudah dibuka dan para pedagang melayani para pembeli baik wali murid ataupun siswa Sekolah Dasar Unggulan Daar El dzikir.

Pukul 11.00 wib secara resmi panitia menutup kegiatan Market Day 5 dan seluruh penjual menukarkan kupon yang telah didapat oleh masing-masing penjual. Teknis pembagian kupon adalah panitia memanggil seluruh siswa ke tempat sekretariat panitia, dan panitia membagikan siswa kupon berdasarakan nomor absensi kelas. Setiap siswa mendapatkan dua lembar kupon, setiap kupon bernilai uang sejumlah Rp. 1.000. 00. Jadi setiap siswa memperoleh Rp. 2.000.00. Sedangkan teknis pengambilan kupon untuk wali murid adalah wali murid bisa mengambil pada panitia MMOG sebelum masuk ruangan tempat MMOG. Setiap orang tua mendapakan 4 lembar kupon dengan jumlah uang sebanyak Rp. 4.000.00. apabila kedua orang tua datang mereka tetap mendapat 4 kupon.