SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://3.bp.blogspot.com/-z5c_LmEQir0/WeqW2TpB6WI/AAAAAAAACl4/KdIjQgpv2fQ2Fjal-78dfdT4SgdFFVD7QCK4BGAYYCw/s1600/banner.jpg

Minggu, 21 Oktober 2012

KUNCI SUKSES BELAJAR

طلب العلم فريضة على كل مسلم
 "Menuntut Ilmu adalah kewajiban setiap muslim" 

  Kegiatan belajar atau menuntut ilmu merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan bagi para pelajar guna meraup ilmu sebanyak-banyaknya sehingga apa yang menjadi cita-citanya dapat terwujudkan. Tentunya sudah menjadi fithrah manusia apalagi bagi para pelajar bahwasanya keinginan untuk meraih kesuksesan merupakan impian yang diidam-idamkan.
 Maka dari hal ini apakah kesuksesan dapat terraih hanya dengan berpangku tangan?
Mustahil kesuksesan dapat teraih hanya dengan melamun tanpa ada usaha yang nyata. Disini ada sebagian kunci sukses dalam belajar bagi para pelajar.


  1.  Prinsip yang kuat disertai keteguhan Hati
 Syarat utama bagi para pelajar adalah hati yang tulus lagi Ikhlash dalam menuntut ilmu diiringi dengan prinsip yang kuat dan keteguhan hati dalam belajar, sehingga apabila hal ini telah dimiliki maka dia tidak akan berhenti belajar hingga apa yang menjadi tujuannya dapat teraih. Ketika seorang telah rajin belajar maka peluang untuk meraih kesuksesan sangat besar.

    2.  mencintai ilmu

Dorangan hati akan kuat untuk melakukan sesuatu ketika seseorang telah menyukai atau mencintai apa yang ia lakukan. begitu pula seorang pelajar apabila ia telah mencintai ilmu maka ia akan lebih mudah memahami apa yang sedang ia pelajari.

    3. Disiplin waktu
waktu yang berlalu bagi para pelajar itu sangat berharga, dengan disiplin waktu maka ia memiliki kepribadian yang kokoh sehingga membawa dirinya pada keberhasilan

4. Belajar dengan teratur

dengan pola belajar yang teratur maka akan meningkatkan kecakapan yang anda miliki.

5. selalu mencari sumber-sumber belajar

Hal ini akan menambah wawasan keilmuwan sehingga ketajaman ilmu anda semakin bertambah. sumber belajar di zaman ini sangat lahbanyak bisa dari buku-buku, internet, perpustakaan, guru,dan lain-lain

6. Ketepatan teknik Belajar

Ada beberapa teknik belajar yang sudah kami terapkan dan atas kehendak Alloh dapat membuahkan kesuksesan yang besar. Adapun teknik yang kami maksud adalah:
  • ketika didalam kelas atau kampus pusatkan perhatian setiap kata yang diterangkan oleh Guru kita
  • buat catatan dari poin-poin penjelasannya 
  • Buat ringkasan dari setiap bab yang kita pelajari kemudian ketika belajar bacalah setiap ringkasan yang kita buat
  • Belajar ketika malam sepertiga terakhir atau sesudah shalat subuh karena waktu ini fikiran masih fresh
  • diskusi dengan teman
  • biasakan berlatih dengan soal-soal
Dan pokok dari kunci sukses adalah kedekatan kita kepada Alloh karena Dialah yang mengatur segala apa yang ada di alam ini, jangan lupa untuk selalu memohon kesuksesan Akhirat dan Dunia. penuhilah seruan-Nya dengan selalu melaksanakan setiap perintahnya dan menjahui segala larangannya.

Teruslah berjuang karena kesuksesan itu milik para pejuang pemberani bukan untuk para pemalas.
Pedulilah dengan ilmu, Karena ilmu yang lurus akan mencetak para generasi baru yang terdidik

Salam sukses dari kami

by Guru Tahfidz