SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://3.bp.blogspot.com/-z5c_LmEQir0/WeqW2TpB6WI/AAAAAAAACl4/KdIjQgpv2fQ2Fjal-78dfdT4SgdFFVD7QCK4BGAYYCw/s1600/banner.jpg

Jumat, 27 November 2015

MENGAPA MENJADI GURU?


Saya ingat pada pepatah mengatakan “GURU ADALAH FIGUR PAHLAWAN TANPA TANPA TANDA JASA” oleh karena itu terbesit dalam benak saya beberapa al
asan mengapa saya ingin menjadi seorang guru :

1.      Berbagi ilmu                                                                                                             
Guru dianggap sebagai gudang ilmu dan berbagi ilmu itu sangat istimewa. Ketika kita berbagi sesuatu hal yang bersifat materi, maka materi tersebut bisa saja habis dibagikan. Tetapi jika kita berbagi ilmu, ilmu tersebut tidak akan pernah habis, malah akan semakin banyak.

2.      Salah Satu Sarana untuk Membantu Sesama
Menjadi pendidik juga merupakan salah satu sarana untuk membantu sesama, bagaimana dengan ilmu yang kita miliki dapat dibagi kepada orang lain dan membuat kehidupan mereka menuju arah yang lebih baik.

3.      Salah Satu Sarana untuk Membangun Bangsa
Kunci kemajuan suatu bangsa terletak pada pendidikan. (Fukuzawa Yukichi. Bapak Pendidikan Modern Jepang)

4.      Salah Satu Sarana Belajar Mendidik dan menggali potensi anak
Dengan kita belajar dan mengajarkannya, maka kita akan mengetahui potensi anak didik kita, kemudian menyalurkan potensinya sesuai dengan bakatnya masing-masing.

5.      Mencapai Kesuksesan seorang penuntut ilmu.
Kesuksesan penuntut ilmu akan membawa pada kelangsungan karier seorang guru. Setiap siswa yang tidak mengerti tentang satu hal lalu belajar untuk mengetahuinya lewat bantuan guru, akan memberikan perasaan gembira seorang guru. Dan ketika seorang siswa yang telah diprediksikan tidak naik kelas bisa berhasil di tangan guru, maka ini bisa membuat stress yang biasanya datang dalam pekerjaan hilang. Bayangkan perasaan yang dirasakan ketika ada seorang siswa yang berhasil karena kerja keras guru.

6.     Melatih kesabaran
Guru patut bersyukur karena dapat belajar mengendalikan diri. Ketika mengajar di kelas tentunya akan dihadapkan pada karakter anak didik yang beraneka ragam, pada saat itulah kesabaran seorang guru sangat dibutuhkan. 


Jumanto S.Pd.I