SDU DAAR EL-DZIKIR

Sekolah Islami Yang Unggul Dalam Kualitas dan Berprestasi. Mewujudkan generasi Qur'ani yang sholih, cerdas mandiri.

http://3.bp.blogspot.com/-z5c_LmEQir0/WeqW2TpB6WI/AAAAAAAACl4/KdIjQgpv2fQ2Fjal-78dfdT4SgdFFVD7QCK4BGAYYCw/s1600/banner.jpg

Kamis, 20 Agustus 2015

KELAS 1C | MANFAAT PERMAINAN ENGKLEK

Pernahkah kamu bermain "engklek"?
Seruukaan....
Perlu kita ketahui bersama bahwa permainan ini terdapat bermacam-macam manfaat.



Apabila dikaitkan dengan Multiple Intelegensis (kecerdasan majemuk), permainan engklek atau jangka dapat mengembangkan beberapa kecerdasan majemuk, antara lain :

1. Kecerdasan Bodily (Kinestetik Jasmani)
Pada permainan engklek atau jangka banyak terdapat gerakan-gerakan, dengan kata lain dengan melakukan permainan engklek atau jangka, anak-anak telah melakukan olah raga, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, serta mengembangkan keterampilan dalam pertumbuhan anak. Hal ini dapat membantu untuk perkembangan kecerdasan Kinestetik anak.

2. Kecerdasan Interpersonal
Ada beberapa  keterampilan sosial yang dapat dipelajari anak ketika anak bermain engklek, yaitu kompetisi, negosiasi, komunikasi dan empati. Hal ini dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar.

3. Kecerdasan Intrapersonal
Pada permainan engklek, anak-anak dituntut untuk melatih kesabaran, pengendalian diri, mengurangi rasa cemas, dan melatih konsentrasi. Dengan begitu anak dapat mengukur sejauh mana kemampuan dirinya dalam menghadapi masalah. Hal ini bisa meningkatkan kecerdasan Intrapersonal pada anak.

4. Kecerdasan Naturalis
Engklek atau jangka adalah permainan yang biasanya dimainkan di alam terbuka. Hal ini dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak-anak karena dapat mengenal bentuk-bentuk alam disekitarnya, merasakan keadaan alam dan meyakini bahwa adanya pencipta alam yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Walas 1C : Amalia Nurcholies, S.Gz